Ewin | Indra | Rini | Hana |
Daftar Haji
Daftar Umrohdisini
Daftar Umroh terpercaya
Daftar ini Isi
Daftar itu Isi
Daftarsegera Umroh
Badal Haji
Daftar Haji
Badal Haji
Uci | Ewin | Riny |
Daftar itu Isi
Daftar Haji
umroh berapa hari

Umroh Berapa Hari? Ini Durasi Hingga Rincian Perjalanannya!

Meski sama-sama beribadah ke Makkah, waktu dalam melakukan serangkaian ibadah umroh berbeda dengan haji. Proses ibadah ini tidak memerlukan waktu yang panjang seperti ibadah haji yang sampai menghabiskan waktu 40 hari. Nah, sudahkah Anda tahu umroh berapa hari? Jika belum, simak penjelasannya di bawah ini!

Umroh Berapa Hari?

Berapa hari pelaksanaan ibadah umroh terhitung sejak hari keberangkatan hingga kepulangan Anda ke tanah air umumnya berlangsung selama 9 hingga 14 hari. Sementara untuk pelaksanaan rangkaian selama di Tanah Suci sebenarnya hanya membutuhkan durasi waktu sekitar 2-3 jam saja, namun lama pelaksanaannya relatif bervariasi yang ditentukan oleh beberapa faktor.

Faktor dalam Menentukan Durasi Umroh yang Tepat

Lamanya waktu pelaksanaan ibadah ini dapat berbeda-beda tergantung pada beberapa faktor, seperti :

  1. Paket Umroh

Faktor pertama yang menentukan durasinya adalah paket umroh. Apabila Anda memilih paket dengan harga ekonomis, biasanya durasi ibadah lebih singkat daripada jika Anda memilih paket umroh plus dengan durasi yang lebih panjang. Pastikan paket yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Maskapai Penerbangan

Maskapai penerbangan yang dipilih oleh Anda dapat memengaruhi lama waktu penerbangan, yang mana hal ini menentukan lama atau tidaknya durasi ibadah Anda. Misalnya, Anda yang menggunakan penerbangan langsung akan lebih cepat sampai di Tanah Suci, berbeda dengan yang menggunakan maskapai penerbangan transit.

  1. Waktu Tunggu Visa

Proses pembuatan visa umroh dapat memakan waktu yang tidak sebentar sehingga memengaruhi durasi ibadah Anda. Penting bagi Anda untuk mempertimbangkan waktu tunggu visa saat merencanakan perjalanan umroh.

Baca Juga: Cara Cek Visa Umroh Mudah Secara Online dan Mandiri !!

  1. Persiapan Fisik dan Mental dengan Baik

Menempuh perjalanan spiritual ke Arab Saudi dengan perbedaan cuaca dan iklim yang cukup signifikan tentunya memerlukan kondisi fisik yang prima. Penting bagi Anda untuk mempersiapkan stamina tubuh yang fit supaya badah menjadi lancar dan maksimal. Jika perlu, konsultasikan kepada dokter untuk mengetahui durasi umroh yang aman dan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Selain fisik, persiapan mental juga tidak boleh disepelekan dalam menentukan durasi umroh. Hal ini untuk memastikan kekhusyukan ibadah Anda selama di Tanah Suci.

  1. Sesuaikan dengan Anggaran

Memilih durasi umroh sesuai dengan ketersediaan anggaran yang Anda miliki merupakan langkah utama lainnya sebelum berangkat ke Tanah Suci. Dengan berbagai pilihan waktu beribadah dan juga dengan biaya yang berbeda-beda, penting untuk mengetahui pilihan umroh terbaik yang tidak akan memberatkan Anda secara finansial.

Rincian Perjalanan Ibadah Umroh

Selama berada di Tanah Suci, Anda akan menyelesaikan beberapa rangkaian. Adapun contoh rincian perjalanan umroh untuk 9 hari adalah sebagai berikut :

  • Hari 1

Hari pertama diisi dengan keberangkatan jamaah dari Indonesia menuju Jeddah dengan pesawat. Sebelum berangkat, jamaah akan mendapat bimbingan berupa manasik dan juga pembagian perlengkapan seperti buku doa dan bacaan umroh. Tiba di Jeddah Anda akan melanjutkan perjalanan darat menuju Madinah lalu beristirahat di hotel.

  • Hari 2

Pada hari kedua di Madinah, jamaah akan berziarah ke makam Rasulullah SAW, dan melaksanakan shalat di Masjid Nabawi.

  • Hari 3

Jamaah akan melaksanakan city tour Madinah dengan mengunjungi Masjid Quba, Masjid Qiblatain, Masjid Jum’ah, Pasar Kurma, dan ziarah Jabal Uhud. Pada perjalanan umroh 9 hari, jamaah akan berada di Madinah selama 3 hari saja, dan selebihnya melanjutkan di kota Makkah.

  • Hari 4

Melaksanakan persiapan berangkat ke Makkah dari Madinah untuk mengambil Miqot. Setibanya di Makkah, check in hotel lalu jamaah akan melaksanakan umroh pertama.

  • Hari 5

Kegiatan di hari kelima jamaah dapat memperbanyak ibadah seperti seperti melakukan sholat fardhu, memperbanyak tilawah quran, sholat sunnah, tawaf serta sai.

  • Hari 6

Di hari keenam, jamaah akan melakukan city tour makkah dan mengunjungi beberapa tempat seperti ziarah ke jabal tsur, padang arafah dan jabal rahmah. Selesai berkeliling jamaah kembali ke hotel untuk beristirahat sejenak lalu melaksanakan umroh kedua.

  • Hari 7

Pada hari selanjutnya yakni hari ketujuh jamaah akan menghabiskan waktu di Masjidil Haram untuk melakukan berbagai ibadah seperti melaksanakan solat wajib berjamaah dan mengaji.

  • Hari 8

Memasuki hari kedelapan yang merupakan hari terakhir jamaah berada di Kota Suci Makkah. Selesainya rangkaian umroh ditutup dengan melakukan ibadah perpisahan mengelilingi Ka’bah sembari memanjatkan doa. Setelah itu, para jamaah akan diarahkan mempersiapkan diri untuk keberangkatan pulang ke tanah air.

  • Hari 9

Rangkaian perjalanan umroh 9 hari akhirnya selesai. Jamaah sudah kembali ke Indonesia dan melakukan perpisahan dengan para jamaah lainnya.

Bulan Ramadhan Adalah Waktu Terbaik untuk Menunaikan Umroh

Sebagai salah satu bulan yang dimuliakan dalam agama Islam, Bulan Ramadhan menjadi salah satu waktu terbaik yang banyak dimanfaatkan oleh umat Muslim untuk beribadah ke Tanah Suci. Keutamaan tersebut mengacu pada hadits Rasulullah SAW yang berbunyi :

فَإِذَا كَانَ رَمَضَانُ اعْتَمِرِى فِيهِ فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ حَجَّةٌ

Artinya: “Jika Ramadan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadan senilai dengan haji.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dalam riwayat hadits lain dikatakan,

فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ تَقْضِى حَجَّةً مَعِى

Artinya: “Sesungguhnya umrah di bulan Ramadan seperti berhaji bersamaku.” (HR Bukhari).

Ibadah ini sebenarnya bisa Anda lakukan kapan saja. Selain di bulan Ramadhan, ada beberapa waktu ideal dan memiliki banyak keutamaan untuk melaksanakannya, seperti :

  1. Awal dan akhir tahun
  2. Sebelum dan sesudah musim haji
  3. Bulan Maret – Mei (Cuaca sedang teduh diArab Saudi)
  4. Bulan November – Februari (Musim dingin di Arab Saudi)

Demikian ulasan mengenai berapa hari pelaksanaan ibadah umroh, faktor pertimbangan memilih durasi umroh yang tepat hingga rangkaian perjalanannya dan waktu terbaik untuk umroh. Besar harapan informasi ini dapat membantu Anda dalam memberi gambaran tentang keberangkatan umroh sehingga Anda dapat merencanakan perjalanan umroh dengan baik.