Ewin | Indra | Rini | Hana |
Daftar Haji
Daftar Umrohdisini
Daftar Umroh terpercaya
Daftar ini Isi
Daftar itu Isi
Daftarsegera Umroh
Badal Haji
Daftar Haji
Badal Haji
Eggy | Ewin | Riny |
Daftar itu Isi
Daftar Haji
perlengkapan umroh pria dan wanita

Perlengkapan Umroh Yang Wajib Anda Siapkan,
Jangan Tertinggal!

Perlengkapan Umroh – Melakukan perjalanan umroh adalah momen yang sangat istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Namun sebelum Anda berangkat ke tanah suci tentunya ada perlengkapan umroh yang harus Anda bawa agar perjalanan Anda berjalan lancar dan nyaman. Dalam hal ini kita harus benar-benar detail mempersiapkan apa saja perlengkapan umroh yang wajib kita bawa. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan seperti kekurangan baju, sandal, alat mandi dll sehingga kita harus merogoh kocek uang lagi untuk membeli perlengkapan.

Perlengkapan Umroh Laki-Laki

perlengkapan umroh laki laki

  1. Kain Ihram

    Kain Ihram adalah jenis kain yang digunakan oleh jamaah haji atau umrah saat melakukan ibadah di Mekah dan sekitarnya. Kain Ihram terdiri dari dua potong kain putih yang dikenakan pada tubuh, satu untuk menutupi bagian atas tubuh dan yang lainnya untuk menutupi bagian bawah tubuh.

  2. Baju Muslim dan Celana Bahan

    Anda cukup membawa 2-3 potong baju muslim untuk Anda gunakan saat sholat dan juga saat beraktivitas di tanah suci yang dipadukan dengan celana bahan yang nyaman.

  3. Sabuk Umroh

    Pilihlah sabuk umroh model ikat pinggang yang kuat untuk menahan kain ihram bagian bawah agar tidak lepas nantinya. Pada bagian pergelangan pun biasanya terdapat kantong kecil yang bisa anda manfaatkan untuk menyimpan uang.

  4. Sarung

    Tidak lupa dengan sarung, Anda bisa membawa sarung untuk Anda pakai sholat misalnya, ataupun sebagai selimut untuk tidur serta kebutuhan lainnya.

  5. Kaos Kaki dan Sandal

    Jika Anda merasa cuaca di tanah suci sedang panas atau masih terasa dingin, tentunya Anda dapat memasukkan kaos kaki ke dalam daftar perlengkapan umroh laki-laki yang tak boleh Anda lewatkan.

    Bawalah 1-2 pasang kaos kaki untuk melindungi kaki anda dari cuaca dingin di tanah suci, Sedangkan untuk sandal, usahakan pakai sandal senyaman mungkin untuk menghindari terjadinya luka atau lecet pada kaki akibat terlalu banyak berjalan selama pelaksanaan ibadah umroh.

    Perlengkapan ini tentunya dapat menjadi barang yang sangat berguna di tengah cuaca tanah suci yang berbeda dengan cuaca di tanah air.

  6. Pakaian Dalam

    Perlengkapan umroh laki-laki berikutnya yang tak kalah penting adalah pakaian dalam. Untuk pakaian dalam, Sahabat juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan selama berada di tanah suci. Siapkan dan bawa setidaknya pakaian dalam yang cukup untuk pemakaian selama tiga hari, agar Sahabat mempunyai jarak waktu untuk mencuci pakaian dalam.

  7. Perlengkapan Mandi

    Beberapa peralatan mandi seperti sabun, shampo, sikat gigi, pasta gigi, handuk, hingga deodorant atau parfum juga perlu untuk dibawa selama melaksanakan ibadah umroh.

  8. Kacamata dan Masker

    Perlengkapan yang tidak kalah penting yaitu kacamata dan masker, barang ini dapat membantu anda menghalau debu dan meredam siilaunya cahaya matahari yang terik di sana. Kedua barang ini tentu cukup berguna selama Sahabat berpergian di tanah suci.

  9. Obat-obatan Pribadi

    Selain itu, bawalah obat-obatan pribadi yang memang sekiranya biasa Sahabat gunakan atau rutin mengonsumsinya. Obat-obatan pribadi termasuk ke dalam perlengkapan umroh pria yang cukup penting untuk mengantisipasi jika Sahabat merasa sakit selama beribadah di tanah suci.

  10. Buku Doa dan Al-Quran

    Bagi Sahabat yang masih sangat perlu menghafal beberapa doa selama beribadah umroh, sebaiknya bawa dan kantongi buku doa. Perlengkapan umroh pria ini penting demi kelancaran ibadah Sahabat.

    Sahabat, itulah beberapa perlengkapan umroh pria yang penting untuk diperiksa kembali sebelum berangkat keesokan harinya. Usahakan jangan sampai ada yang tertinggal demi kenyamanan dan kekhusyukan Sahabat di tanah suci.

Perlengkapan Umroh Wanita

perlengkapan umroh wanita

Berbeda dengan pria pastinya, perlengkapan umroh wanita atau perempuan lebih banyak karena wanita memiliki area-area tertutup dan juga khusus. oleh karenanya berikut perlengkapan yang harus dibawa saat umroh untuk wanita:

  1. Baju Ihram

    Baju untuk tidur 2/3 stel, yang enak dan santai untuk Anda gunakan.

  2. Pakaian Sholat

    Pakaian sholat untuk umroh cukup membawa 3-4 stel

  3. Pakaian Berpergian

    Siapkan baju untuk anda berpergian jika hendak mengunjungi tempat-tempat belanja atau ke tempat wisata, anda dapat membawanya untuk satu kali ganti dalam sehari dan jangan lupa pula untuk menyiapkan sendal, sepatu dan juga kaos kaki.

  4. Pakaian Tidur

    Pakaian tidur wanita lebih bervariasi dibandingkan pria yang cukup menggunakan sarung serta kaos. Wanita membutuhkan pakaian tidur yang lebih banyak tetapi ingat untuk tidak melebihi batas barang bawaan.

  5. Pakaian Dalam

    Tips untuk membawa pakaian dalam, biasanya jama’ah umroh berharap ada laundry untuk mencuci pakaian dalamnya disana. Tetapi untuk berjaga-jaga, bawalah pakaian dalam untuk sehari 2 kali sehingga anda pulang dengan membawa pakaian kotor.

  6. Buku Do’a dan Al-Quran Kecil

    Jika ada do’a yang masih perlu di hafal sehingga tidak kerepotan lagi Mukena, boleh dengan bawahannya, atau sekedar atasannya saja karena bawahannya bisa langsung dengan rok dan kaos kaki yang digunakan. Selama masih menutup aurat dengan benar.

  7. Pentyline dan Pembalut

    Untuk persiapan jika tiba-tiba datang bulan, keputihan dan lain-lain sehingga dapat menghindari najis dan menghemat pakaian.

  8. Perlengkapan Mandi

    Shampoo, pasta gigi, sikat gigi, sabun mandi, sabun cuci muka, minyak wangi.

  9. Alat Makeup

    Bawa yang biasanya Anda pakai saja seperti pelembab, hand body dan bedak yang biasa dipkai untuk perlindungan karena udara di sana kering.

  10. Kacamata dan Masker

    Diperlukan ketika dalam perjalanan ke luar supaya terlindung dari panas sinar matahari dan juga debu.

  11. Obat-obatan

    Obat-obatan pribadi yang biasa Anda gunakan sehingga tidak berlebihan. Misalnya minyak angin, obat magh, vitamin, suplemen/ vitamin, obat diare,obat flu, obat pusing.

Perlengkapan Umroh Anak-Anak

perlengkapan umroh anak anak

Perlengkapan umroh untuk anak-anak tentu hampir sama dengan orang tua atau dewasa, untuk alat mandi dan lain-lainnya. Namun untuk anak-anak justru ada tambahan-tambahan yang lain seperti :

  • Mainan
  • Susu
  • Cemilan yang biasa Anda sukai
  • Botol susu
  • Pasmpers
  • Tissue
  • Baju anak (Relative banyak)
  • Travel bag mini

Kesimpulan

Dalam menyusun perlengkapan umroh, pastikan untuk memeriksa aturan dan regulasi terkini dari biro perjalanan atau maskapai penerbangan yang Anda gunakan. Juga, selalu pastikan untuk mengemas barang dengan rapi dan sesuai dengan batasan berat bagasi yang diizinkan.

Selamat menunaikan ibadah umroh! Semoga perjalanan Anda lancar, dan ibadah umroh dapat membawa berkah dan keberkahan bagi Anda.