Ewin | Indra | Rini | Hana |
Daftar Haji
Daftar Umrohdisini
Daftar Umroh terpercaya
Daftar ini Isi
Daftar itu Isi
Daftarsegera Umroh
Badal Haji
Daftar Haji
Badal Haji
Uci | Ewin | Riny |
Daftar itu Isi
Daftar Haji
perlengkapan umroh wanita

List Perlengkapan Umroh Wanita, Jangan
Sampai Tertinggal!

Daftar perlengkapan umroh wanita yang perlu Anda bawa untuk menunjang ibadah di Tanah Suci yang lebih nyaman. Sebab, perlengkapan umroh yang kurang lengkap akan membuat ibadah menjadi kurang nyaman. Dalam hal ini, calon jemaah wanita harus benar-benar detail mempersiapkan barang bawaan umroh apa saja yang wajib dibawa agar proses ibadah yang ingin dijalankan benar-benar mulus tanpa adanya gangguan.

Perlengkapan yang Harus Dibawa Wanita Saat Umroh

Apa saja perlengkapan tersebut saat menjalankan ibadah umroh? Untuk lebih jelasnya Anda bisa langsung cek panduan lengkapnya di bawah ini!

1. Perlengkapan Ibadah

Yang paling penting dan utama yakni persiapan barang-barang penunjang beribadah. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Baju Ihram

Pakaian ihram menjadi perlengkapan umroh wanita yang paling penting, karena nantinya akan digunakan selama menjalankan ibadah umroh. Ketentuan pakaian ihram tentu harus menutup aurat dan tidak membentuk lekuk tubuh.

Siapkan minimal 2 sampai 3 pasang pakaian ihram selama berada di tanah suci. Menjadi kesunnahan memakai baju berwarna putih, namun apabila Anda tidak punya, bisa membawa warna yang tidak terlalu cerah dan mencolok.

  1. Jilbab

Perlengkapan umroh wanita selanjutnya yang perlu Anda tahu adalah jilbab. Jilbab menjadi wajib bagi wanita untuk bisa menutup aurat diantaranya pada saat melaksanakan ibadah umroh. Pastikan Anda membawa jilbab yang tidak menerawang dan menutupi aurat dengan sempurna.

  1. Mukena dan Sajadah

Ini menjadi perlengkapan yang tidak boleh terlewatkan. Kami menganjurkan untuk membawa mukena sendiri dari rumah sebanyak setidaknya 2 buah, sehingga ada cadangan ganti ketika mukena tersebut terkena najis atau kotor.

  1. Al-Quran

Al-Quran dan buku doa menjadi bagian penting yang Anda butuhkan untuk menunjang kelancaran ibadah di Tanah Suci, terutama bagi Anda yang masih sangat perlu menghafal beberapa doa selama beribadah umroh.

Pililah Al-Quran dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, bawalah Al-Quran saku jika Anda ingin yang mudah dibawa, atau, bisa membawa Al-Quran dengan ukuran yang lebih besar jika Anda ingin kitab suci yang nyaman dibaca.

  1. Tasbih

Saat menjalani ibadah umroh, tentu jemaah ingin memperbanyak ibadah, salah satunya dengan berdzikir. Tasbih adalah perlengkapan umroh wanita yang sangat berguna demi kelancaran ibadah. Pastikan Anda memilih tasbih dengan ukuran yang pas dengan tangan Anda sehingga nyaman untuk digenggam.

2. Perlengkapan Mandi

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Jadi, jangan lupa untuk menambahkan perlengkapan mandi ke dalam list barang bawaan umroh wanita yang tidak boleh ketinggalan. Beberapa peralatan mandi yang perlu Anda bawa seperti sabun, shampo, sikat gigi, pasta gigi, handuk, hingga parfum.

Sebaiknya, pilihlah alat-alat mandi dengan ukuran travel size yang mudah Anda bawa kemana-mana, agar tidak merepotkan Anda saat perjalanan.

3. Barang Bawaan Umroh Wanita Pendukung Lainnya

Masing-masing wanita memiliki perlengkapan pendukung yang berbeda saat menjalani ibadah umroh di Tanah Suci. Adapun beberapa barang bawaan umroh pendukung untuk calon jemaah wanita, antara lain :

  1. Obat-obatan Pribadi

Perlengkapan umroh wanita yang juga tak kalah penting adalah obat-obatan. Bawalah obat dalam jumlah yang cukup untuk seluruh perjalanan umroh, termasuk perjalanan pulang pergi. Namun pastikan, Anda memiliki resep dokter untuk semua obat-obatan yang Anda bawa.

  1. Pakaian Berpergian

Pakaian berpergian dalam hal ini adalah pakaian yang menurut Anda nyaman tetapi tetap syari. Oleh karena itu, pilihlah baju yang menyerap keringat. Bisa bawa sekitar 4-5 baju, sesuai dengan kebutuhan Anda selama di sana.

  1. Kacamata Hitam

Membawa kacamata hitam saat menjalankan ibadah umroh sangat direkomendasikan untuk melindungi mata dan wajah dari teriknya sinar matahari. Jemaah wanita bisa menggunakan kacamata hitam saat beribadah atau ziarah pada siang hari. Kami merekomendasikan menggunakan kacamata hitam dan tidak terlalu mencolok dan sesuai dengan syariat Islam.

  1. Payung

Cuaca di Arab Saudi bisa sangat panas sehingga bisa sedikit menganggu kelancaran ibadah. Menambahkan payung ke dalam daftar perlengkapan umroh wanita dapat membantu membantu Anda tetap sejuk serta terhindar dari debu dan pasir yang bisa memicu penyakit.

Baca Juga: Informasi Umroh Untuk Musim Baru Di sini

  1. Kaos Kaki

Alas kaki adalah perlengkapan umroh wanita yang sangat berguna saat berada di Tanah Suci. Jemaah wanita bisa menggunakan kaos kaki untuk menghangatkan kaki saat cuaca sedang dingin. Cucilah kaos kaki secara teratur untuk mencegah bau dan bakteri.

  1. Pentyline dan Pembalut

Bawalah pentyline atau pembalut dengan berbagai ukuran untuk mengantisipasi perubahan aliran menstruasi selama Anda dalam perjalanan umroh.

Itulah beberapa perlengkapan umroh wanita yang harus Anda bawa. Sebagai catatan, gunakanlah koper yang ringan dan selalu pastikan barang-barang berharga tersimpan di tempat yang aman.