Ewin | Indra | Rini | Hana |
Daftar Haji
Daftar Umrohdisini
Daftar Umroh terpercaya
Daftar ini Isi
Daftar itu Isi
Daftarsegera Umroh
Badal Haji
Daftar Haji
Badal Haji
Uci | Ewin | Riny |
Daftar itu Isi
Daftar Haji
perlengkapan umroh pria

Perlengkapan Umroh Pria, Panduan Lengkap untuk Ibadah Nyaman

 

Merencanakan perjalanan umroh yang nyaman dan berkesan tentunya tak bisa lepas dari bagaimana Anda mempersiapkan perlengkapan umroh yang akan dibawa. Sebagai informasi, perlengkapan umroh untuk jamaah umroh pria dan wanita memiliki sedikit perbedaan. Oleh karena itu, penting bagi Anda calon jamaah umroh pria untuk mengetahui dan membawa perlengkapan umroh pria yang tepat dengan menemukan informasinya di bawah ini!

Perlengkapan Umroh Pria

Agar ibadah umroh dapat Anda lakukan dengan nyaman, berikut daftar lengkap perlengkapan umroh pria yang harus Anda bawa saat berada di Tanah Suci :

  1. Baju Ihram

Perlengkapan umroh pria yang tidak boleh ketinggalan tentunya adalah baju ihram. Anda bisa menyiapkan baju ihram sebanyak dua set, untuk berjaga-jaga terkena najis atau kotoran lainnya.

  1. Baju Sehari-hari

Selain baju ihram, calon jamaah umroh pria juga harus menyiapkan pakaian lainnya untuk Anda kenakan sehari-hari. Pastikan Anda menyesuaikan pakaian yang akan Anda bawa dengan cuaca di Tanah Suci.

  1. Perlengkapan Sholat

Barang berikutnya yang perlu Anda bawa adalah perlengkapan sholat. Ini mencakup sarung, sajadah, peci, dan Al-Quran.

  1. Dokumen Pendukung

Yang tak kalah pentingnya selain barang-barang di atas adalah dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Beberapa dokumen yang umumnya perlu Anda bawa saat menunaikan umroh, seperti :

  • Paspor dan Visa Umroh
  • Dokumen data diri seperti KTP, Kartu Keluarga, dan Buku nikah (bagi pasangan suami istri)
  • Kartu Keluarga
  • Sertifikat Vaksin Meningitis
  • Asuransi kesehatan
  • Buku manasik umroh dan panduan doa-doa
  1. Obat-obatan Pribadi

Mengingat perbedaan cuaca di Tanah Air dan Tanah Suci cukup signifikan, maka jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi ya. Obat-obatan seperti obat diare, pereda nyeri, dan juga vitamin sangat Anda butuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh selama beribadah.

Perlengkapan Umroh Pria yang Tidak Boleh Dibawa

Perlu diketahui, terdapat juga beberapa perlengkapan umroh pria yang sebaiknya tidak Anda bawa menuju Tanah Suci, diantaranya :

  1. Pakaian Ihram dari Sutra

Perlengkapan umroh pria pertama yang tidak boleh dibawa yakni pakaian ihram yang terbuat dari sutra atau brokat. Pakaian ihram haruslah terbuat dari bahan katun agar nyaman saat dipakai selama beribadah.

  1. Perhiasan dan barang berharga

Untuk alasan keamanan, perhiasan dan barang-barang berharga yang berlebihan tidak dianjurkan untuk Anda bawa.

  1. Pakaian yang Tidak Sopan

Beribadah di Tanah Suci tentulah memakai pakaian yang sopan sesuai anjuran agama Islam. Sangat tidak boleh membawa pakaian sehari-hari yang terlalu ketat, tidak menutup aurat, dan terbuka.

  1. Buku-buku yang Tidak Sesuai

Selanjutnya, buku-buku yang tidak sesuai juga menjadi perlengkapan umroh pria berikutnya yang tidak boleh dibawa saat umroh. Ini maksudnya berupa buku-buku yang berisikan informasi yang bertentangan dengan ajaran agama islam.

  1. Makanan dan Minuman Berlebihan

Membawa bekal berupa makanan dan minuman sebenarnya boleh-boleh saja selama umroh. Namun, sebisa mungkin jangan membawa dalam jumlah yang berlebihan. Hal ini khawatir bisa mengganggu kenyamanan Anda selama di perjalanan.

Hal yang Diperhatikan Saat Mempersiapkan Perlengkapan Umroh Pria

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mengemas perlengkapan umroh sebelum berangkat, di antaranya :

  1. Durasi Perjalanan Umroh

Hal pertama yang menjadi perhatian saat mengemas perlengkapan umroh ialah lamanya waktu pelaksanaan ibadah. Semakin lama durasi ibadah yang Anda pilih, maka semakin banyak pula cadangan pakaian dan perlengkapan lainnya yang perlu Anda bawa.

  1. Kondisi Cuaca di Tanah Suci

Pertimbangkan musim dan cuaca di Mekah dan Madinah saat waktu keberangkatan Anda. Ini membantu Anda membawa pakaian yang sesuai dengan cuaca di sana.

  1. Pilihlah Perlengkapan yang Praktis

Agar tidak membani Anda selama di perjalanan, lebih baik bawalah perlengkapan umroh pria yang ringan dan praktis.

  1. Simpan Barang Berharga di Tempat Aman

Barang berharga seperti paspor, uang, dan barang lainnya pastikan Anda simpan di tempat yang aman.

  1. Beri Tanda pada Koper atau Tas Anda

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan dalam mengemas barang bawaan adalah tanda pada koper. Ini bertujuan agar barang bawaan Anda mudah dikenali, mengingat akan ada banyak jamaah lain yang bisa membingungkan Anda.

Tips Memilih Perlengkapan Umroh Pria

Memilih perlengkapan umroh pria juga tak kalah penting untuk Anda perhatikan, sebab menentukan kenyamanan dan kekhusyukan selama beribadah. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti :

  1. Pilih bahan pakaian serta perlengkapan sholat yang nyaman, sehingga Anda selalu merasa sejuk saat beribadah.
  2. Pilihlah ukuran pakaian yang sesuai dengan ukuran tubuh agar dapat bergerak dengan nyaman. Namun, pastikan ukuran tersebut tidak terlalu ketat apalagi membentuk tubuh, ya.
  3. Bawalah perlengkapan sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan.

Itulah dia daftar perlengkapan umroh pria lengkap yang wajib Anda persiapkan. Dengan mengetahui apa saja perlengkapan umroh pria beserta tips dalam memilihnya dapat menunjang kelancaran dan kekhusyukan selama beribadah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Baca Juga: Tata Cara Umroh Pria