Ewin | Indra | Rini | Hana |
Daftar Haji
Daftar Umrohdisini
Daftar Umroh terpercaya
Daftar ini Isi
Daftar itu Isi
Daftarsegera Umroh
Badal Haji
Daftar Haji
Badal Haji
Uci | Ewin | Riny |
Daftar itu Isi
Daftar Haji
3 hikmah umroh

Inilah 3 Hikmah Umroh Beserta Amalan untuk Mendapatkannya

Ibadah umroh ke Tanah Suci memiliki banyak hikmah bagi setiap umat muslim yang menjalankannya. Adanya hikmah tersebut berkaitan dengan anjuran beribadah umroh yang tercantum baik di  dalam hadits maupun Al-Quran. Setidaknya ada 3 hikmah umroh, bukan hanya secara spiritual yakni mendapatkan pahala berlimpah, tetapi juga dari segi sosial seperti meningkatkan kualitas persaudaraan serta hubungan antar sesama umat muslim.

3 Hikmah Umroh bagi Umat Muslim

Berikut di antara 3 hikmah umroh bagi umat muslim beserta penjelasannya :

  1. Hikmah Umroh Secara Spiritual

Setidaknya ada empat hikmah umroh spiritual yang bisa Anda peroleh apabila Anda mampu menjalankan ibadah umroh dengan khusyu. Di antaranya :

  • Mendekatkan Diri kepada Allah

Hikmah umroh dari segi spiritual yang pertama adalah mendekatkan diri kepada Allah. Proses perjalanan ke Tanah Suci dengan melakukan berbagai rangkaian ibadah merupakan kesempatan dari Allah untuk Anda memperkuat hubungan dengan-Nya dan meningkatkan keimanan.

  • Menyempurnakan Ibadah

Sebagai bagian dari ibadah yang dianjurkan, umroh adalah penyempurna ibadah yang memiliki makna kepatuhan Anda sebagai hamba kepada Allah dan Rasulullah. Anda yang telah menunaikan ibadah umroh juga biasanya menjadi lebih semangat untuk beribadah ketika pulang dari Mekah.

  • Memperoleh Pengampunan Dosa

Bagi Anda yang melakukan umroh, itu artinya Allah telah membersihkan dosa-dosa Anda yang telah lalu. Hikmah umroh ini berkaitan dengan sabda Nabi Muhammad SAW, sebagai berikut :

Hadits ini diriwayatkan Bukhori, (15221) dan Muslim (1350) dari Abu Hurairah radhiallahu anhu berkata, Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ حَجَّ فَلَمْ يَرْفُثْ وَلَمْ يَفْسُقْ رَجَعَ كَمَا وَلَدَتْهُ أُمُّهُ

“Siapa yang haji dan tidak berkata jorok dan tidak berbuat fasik, dia akan kembali seperti dilahirkan ibunya”

Dengan begitu, Anda yang kembali dari Tanah Suci menerima kemuliaan dari Allah di dunia maupun akhirat seperti ketika baru dilahirkan.

Baca Juga: Cara Menjadi Umroh Mabrur : 5 Tips Jitu dan Doa-Doa Pilihan

  • Pulang dengan Pahala Berlipat Ganda

Nilai-nilai islam yang Anda jalankan selama umroh dapat membantu Anda memperoleh pahala berlipat gandai. Mulai dari tawaf di Ka’bah, sa’i antara Shafa dan Marwah, hingga melaksanakan doa dan ibadah-ibadah lainnya. Setiap amal baik yang Anda lakukan terhitung sebagai pahala yang besar di sisi Allah.

  • Meneladani Perjuangan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS

Beribadah ke tanah suci akan mengingatkan Anda kepada perjuangan Nabi Ibrahim AS bersama putranya, Nabi Ismail AS dalam menjalankan perintah Allah. Serta, Anda juga akan meresapi kondisi Siti Hajar ketika menggendong Nabi Ismail AS yang kala itu berlari kecil antara bukit Shafa dan Marwah.

  1. Hikmah Umroh Secara Personal

Sementara dari segi hikmah personal, Anda yang menjalankan ibadah umroh akan mendapatkan beberapa hikmah, antara lain :

  • Pengalaman Spiritual yang Mendalam

Mengerjakan ibadah umroh dengan penuh kekhusyu’an tentu menjadi pengalaman spiritual yang mendalam untuk Anda. Menyaksikan keagungan Ka’bah dan keindahan Baitullah dapat mengajarkan Anda untuk lebih menghayati nilai keimanan dan ketakwaan dalam ajaran agama islam.

  • Menemukan Kedamaian dan Ketenangan Jiwa

Hikmah umroh secara personal selanjutnya ialah Anda dapat menemukan kedamaian jiwa. Ini berkaitan dengan suasana di Tanah Suci yang penuh dengan jamaah-jamaah beribadah, maka pada saat itulah Anda akan merasakan dampak dalam bentuk ketentraman jiwa. Ketika Anda melaksanakan shalat yang khusyu’, terdapat suatu meditasi dan relaksasi yang dapat membentuk jiwa yang tenang.

  1. Hikmah Umroh Secara Sosial

Selain untuk personal, ada juga beberapa hikmah umroh secara sosial yakni hubungan manusia dengan sesama manusia. Di antaranya :

  • Mempererat Persaudaraan Umat Islam

Umroh merupakan ibadah yang dapat mempertemukan banyak umat muslim dengan latar belakang berbeda dari berbagai penjuru dunia. Oleh karenanya, hikmah umroh bagi hubungan manusia yang pertama adalah mempererat persaudaraan dan rasa cinta kasih antar sesama umat muslim. Tidak ada yang membedakan jemaah umroh antara satu dengan yang lainnya. Hal ini menjadi pengingat bahwa muslim harus bersatu di hadapan Allah.

  • Meningkatkan Kesadaran akan Kesetaraan

Dengan mengenakan pakaian ihram, semua jemaah umroh terlihat sama. Tidak lagi ada perbedaan kedudukan ataupun status ekonomi, semua orang sama kedudukannya di hadapan Allah. Dalam konteks ini, ibadah umroh memiliki hikmah sebagai sarana meningkatkan kesadaran dari semua umat islam mengenai kesetaraan dan menghilangkan diskriminasi antar umat beragama.

  • Menebar Kebaikan terhadap Sesama

Ketika Anda melaksanakan umroh, Anda terdorong untuk selalu menebar kebaikan dan menyebarkan nilai-nilai islam positif kepada sesama jemaah. Pengalaman ini dapat memberi hikmah yang mengubah Anda menjadi pribadi yang lebih baik dan terbiasa membawa perubahan positif bagi lingkungannya.

  • Memperkuat Semangat Tolong Menolong

Hikmah umroh dari segi sosial selanjutnya adalah memperkuat semangat tolong menolong terhadap sesama. Amalan baik di Tanah Suci seperti saling membantu dalam berbagai hal, berbagi makanan, serta bersedekah mengajarkan Anda untuk selalu peduli dan meringankan beban orang lain.

Amalan untuk Mendapatkan Hikmah Umroh

Ada sejumlah amalan untuk meraih hikmah umroh yang bisa Anda lakukan. Mulai dari sebelum keberangkatan hingga sekembalinya dari Tanah Suci. Berikut selengkapnya :

  • Perdalam Ilmu tentang Umroh

Mempelajari ilmu tentang umroh menjadi amalan pertama untuk Anda mendapatkan hikmah umroh. Sebelum berangkat ke Tanah Suci, pelajari semua tata cara umroh beserta doa-doa yang akan Anda baca. Berdoalah kepada Allah agar dimudahkan dalam perjalanan umroh dan mendapatkan pahala yang berlimpah.

  • Niatkan Ibadah Umroh dengan Ikhlas

Amalan selanjutnya untuk mendapatkan hikmah umroh adalah meniatkan diri Anda untuk beribadah semata-mata karena Allah dan mengharapkan pahala dari-Nya.

  • Menjaga Kekhusyu’an Selama Umroh

Fokuslah pada ibadah dan hindari hal-hal yang dapat mengganggu kekhusyu’an Anda selama berada di Tanah Suci. Perbanyak doa dan beramal shaleh seperti membaca Al-Qur’an, berperilaku sopan dan membantu jemaah lainnya selama perjalanan ibadah umroh.

  • Menjaga Amalan Baik Sepulang dari Umroh

Tetap menjaga amalan baik yang telah Anda lakukan selama umroh setelah kembali ke rumah. Bagikan pengalaman umroh Anda kepada keluarga, teman, dan orang lain agar mereka termotivasi untuk menunaikan ibadah umroh ke Tanah Suci.

Itulah 3 hikmah umroh bagi umat muslim beserta amalan untuk Anda bisa mendapatkannya. Semoga dengan informasi dan tips di atas, Anda dapat meraih hikmah umroh yang maksimal.