Ewin | Indra | Rini | Hana |
Daftar Haji
Daftar Umrohdisini
Daftar Umroh terpercaya
Daftar ini Isi
Daftar itu Isi
Daftarsegera Umroh
Badal Haji
Daftar Haji
Badal Haji
Uci | Ewin | Riny |
Daftar itu Isi
Daftar Haji
doa umroh mabrur

Doa Umroh Mabrur: Panduan Lengkap untuk Ibadah yang Berkah

 

Umroh mabrur merupakan cita-cita setiap umat muslim yang menunaikan ibadah ke Tanah Suci. Istilah mabrur sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti diterima dan mencakup makna spiritual mendalam yang memiliki banyak keutamaan untuk setiap umat muslim yang mendapatkannya. Sebagai ungkapan permohonan kepada Allah agar ibadah umroh menjadi mabrur, terdapat doa umroh mabrur yang dapat senantiasa Anda amalkan.

Bacaan Doa Umroh Mabrur

Membaca doa umroh mabrur merupakan salah satu cara agar ibadah Anda bernilai di sisi Allah, juga meningkatkan kualitas diri Anda sepulangnya dari Tanah Suci. Sambil berikhtiar, berikut doa umroh mabrur yang dapat senantiasa Anda lafalkan :

  1. Doa Umroh Mabrur Agar Terhindar dari Sifat Tercela

Jamaah umroh yang mampu meraih ibadah mabrur akan selalu menjauhkan dirinya dari perbuatan – perbuatan tercela, khususnya riya’ dan sum’ah.  Agar terhindar dari sifat kedua sifat tersebut, Rasulullah SAW berpesan untuk senantiasa berdoa :

حَجَّةً لَا رِيَاءٌ فِيهَا وَلَا سُمْعَةً

Latin :  “Allahumma hajjatan laa riyaa an-fiihaa wa laa sum’atan”

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah haji yang tidak ada riya’ dan sum’ah di dalamnya.” (HR Ibnu Majah).

  1. Doa Umroh Mabrur ketika Tawaf

Doa umroh mabrur selanjutnya bisa Anda ucapkan ketika sedang melakukan tawaf di Tanah Suci. Doa umrah mabrur tersebut berbunyi,

اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ حَبًّا مَبْرُورًا – أَوْ عُمْرَةً مَبْرُورَةً – وَذَنْبًا مَغْفُورًا وَسَعْيًا مَشْكُورًا

Latin : “Allahummaj-‘alhu hajjan mabruuran au ‘umratan mabruuratan wa dzanban maghfuuraw-wasa’yan masykuuraa.”

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah ini sebagai haji yang mabrur-atau umrah yang mabrur, dosa yang diampuni, dan sa’i yang disyukuri.”

Doa tersebut bisa Anda ucapkan pada tiga putaran pertama tawaf. Hal ini didasarkan pada hadits dari Ibnu Umar RA, yang berkata :

“Sehingga ketika kami sampai di Ka’bah bersama Rasulullah SAW, beliau mengusap rukun. Beliau berlari-lari kecil sebanyak tiga kali putaran, dan berjalan biasa sebanyak empat kali putaran.”

Selanjutnya, pada putaran yang keempat sampai ketujuh, Anda bisa berdoa sebagai berikut :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاعْفُ عَمَّا تَعْلَمُ وَأَنْتَ الْأَعَزُ الْأَكْرَمُ ، اللَّهُمَّ آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

Artinya : “Ya Allah, ampunilah, sayangilah, dan maafkan dari apa-apa yang Engkau ketahui. Engkau Maha Perkasa lagi Mulia. Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebajikan di akhirat, dan hindarkanlah kami dari siksa neraka.” (HR Sunan Al-Baihaqi Al-Kubra)

Membaca doa ini, Anda memohon agar ibadah umroh di Tanah Suci dapat mabrur dan diterima oleh Allah, serta segalla dosa diampuni oleh-Nya.

Keutamaan Umroh Mabrur

Banyak sekali keutamaan umroh mabrur yang telah Allah janjikan dalam Al-Quran dan hadis. Dilansir dari NU Online, berikut bukti keutamaan umroh mabrur dalam Al-Quran dan Hadis, di antaranya :

  1. Menghapus Dosa – dosa

Seseorang yang berhasil mendapatkan umroh mabrur dikatakan telah dihapus dosa-dosanya oleh Allah.

“Barang siapa yang berumrah dan tidak berbuat rukun, tidak berkata kotor, dan tidak berbuat fasik, maka dia kembali seperti bayi yang baru dilahirkan oleh ibunya.” (HR Tirmidzi).

Pada Riwayat Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda :

العمرة إلى العمرة كفارة لما بينهما، والحج المبرور ليس له جزاء إلا الجنة

Artinya :  “Satu umrah menuju umrah selanjutnya dapat menghapus dosa antara keduanya, dan haji yang mabrur hanya akan diganjar dengan surga.” (HR. Bukhari dan Muslim)

  1. Wakil Allah di Dunia

Keutamaan umroh selanjutnya bagi jamaah adalah sebagai wakil Allah di dunia. Rasulullah bersabda dalam riwayat Abu Hurairah :

 وفد اللَّه ثلاثة: الغازي، والحاج، والمعتمر

Artinya : “Wakil Allah di dunia ada tiga; bala tentara pembela agama Allah, jamaah haji dan umrah.”

  1. Memperoleh Pahala Berlipat Ganda

Terakhir, keutamaan umroh memperoleh pahala sholat hingga 1.000-100.000 ribu kali lipat. Pahala solat di Masjid Nabawi bisa bernilai 1.000 kali lipat. Sedangkan di Masjidil Haram 100.000 kali lipat.

“Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1.000 sholat di masjid lainnya selain Masjidil Harom. Shalat di Masjidil Harom lebih utama daripada 100.000 sholat di masjid lainnya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Demikian itulah bacaan doa umroh mambrur lengkap dengan latin beserta keutamaannya.  Semoga Anda yang sedang melaksanakan ibadah umroh, maka ibadahnya bisa diterima oleh Allah, aamiin.