Ewin | Indra | Rini | Hana |
Daftar Haji
Daftar Umrohdisini
Daftar Umroh terpercaya
Daftar ini Isi
Daftar itu Isi
Daftarsegera Umroh
Badal Haji
Daftar Haji
Badal Haji
Uci | Ewin | Riny |
Daftar itu Isi
Daftar Haji
doa pulang umroh

Doa Pulang Umroh Untuk Tamu Lengkap Dengan Arti, Agar Lebih Berkah

Doa pulang umroh merupakan amalan yang sebaiknya dibaca jemaah umroh sekembalinya dari Tanah Suci Mekkah. Ini supaya ibadah umroh semakin berkah sekaligus ungkapan rasa syukur karena dapat kembali dengan selamat. Memanjatkan doa setelah umroh juga menjadi harapan dari Anda untuk para tamu dan kerabat yang hadir agar supaya bisa segera menyusul menunaikan umroh ke Tanah Suci. Karenanya, berdoa ketika pulang umroh termasuk adab yang sangat disunnahkan sebab memiliki banyak keutamaan.

Doa Pulang Umroh

Agar ibadah umroh menjadi lebih berkah, berikut beberapa doa setelah umroh yang bisa Anda amalkan, yaitu :

  1. Doa Pulang Umroh Pertama

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىٰ سَـيِّدِنَامُحَمَّدٍ صَلَاةً تُبَلِّغُنَابِهَاحَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ وَزِيَارَةَ قَبْرِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

“Alhamdulillahi rabbil ‘alamiin. Allahumma sholli wasallim wabaarik ‘alaa sayyidina muhammadin sholatan tuballighuna bihaa hajja baitikal haraami waziyarata qabri nabiyyika muhammadin shallallahu alaihi wa sallam”

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah Sang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji bagiNya, Tuhan semesta alam. Ya Allah limpahkanlah shalawat, salam serta berkah kepada junjungan kami nabi Muhammad, melalui shalawat itu dapat menyampaikan kami untuk berhaji ke baitil haram dan ziarah ke makam nabi Muhammad SAW.”

  1. Doa Kedua

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ حَجَّنَاحَجًّامَبْرُوْرًا، وَعُمْرَتَنَاعُمْرَةًمَبْرُوْرًا،وَسَعْيَنَاسَعْيًامَشْكُوْرًا، وَذَنْبَنَاذَنْبًامَغْفُوْرًا، وَعَمَلَنَاعَمَلًاصَالِحًا مَقْبُوْلًا، وَتِجَارَتَنَاتِجَارَةً لَنْتَبُوْرَ، يَا عَالِمَ مَا فِى الصُّدُوْرِأَخْرِجْنَامِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ

“Allahummaj ‘al hajjanaa hajjan mab ruro, wa‘umrotana ‘umrotan mab ruro, wasa’ yana sa’yan masykuuro, wadzambanaa dzanban maghfuuro, wa ‘amalanaa ‘amalan sholihan maqbuula, watijaa rotanaa tijaa rotan lan tabuur, yaa ‘aalima maa fis shuduur, akhrij’ naa mina dzulumaati ilannnuur”

Artinya : “Ya Allah jadikanlah kami haji yang mabrur. umroh kami yang mabrur, sa’i kami yang disyukuri. dosa kami yang engkau ampuni. Amal shaleh kami yang Engkau terima dan perdagangan kami perdagangan yang tidak merugi. Wahai Dzat Yang Maha Mengetahui apa yang ada di dalam hati kita, keluarkan kami dari kegelapan ini menuju cahaya.”

  1. Doa Ketiga

للهم سَهِّلْ أُمُوْرَنَاوَحَصِّلْ مَقَاصِدَنَاوَبَلِّغْنَا إِلَيْكَ يَا اَللهُ. اللهم اجْمَعْنَاجَمْعًامَرْحُوْمًا اللهم إِنَّانَسْئَلُكَ النِّعْمَةَوَالرَّحْمَةَ وَحُسْنَ الْخَاتِمَة

“Allahummasahhil umuuronawahasshil maqooshidanawaballignaa ilaika yaAllah. Allahummaj ma’ jam’an marhuuma. Allahumma inna nas-alukanni’mata warrohmata waqusnal khotimah”

Artinya : “Mudahkanlah Ya Allah segala urusan kami. Kabulkanlah segala keinginan kami, dan sampaikanlah kami kehadiratMu. Ya Allah kumpulkan kami bersama mereka orang-orang yang mendapatkan rahmat-Mu. Kami mohon Ya Allah kepada-Mu nikmat, rahmat dan juga akhir yang baik.”

Doa Pulang Umroh untuk Dibaca Tamu

Selain dibaca oleh Anda yang kembali dari Tanah Suci, ada pula doa setelah umroh yang bisa dipanjatkan oleh tamu atau kerabat yang datang bersilaturahmi. Doa ini merupakan bentuk harapan agar umroh yang Anda jalani dapat mabrur. Bacaan doa untuk orang pulang umroh yang bisa dipanjatkan umat Muslim, yakni :

Doa untuk Orang Pulang Umroh Menurut Imam Al-Qalyubi

Imam Al-Qalyubi, salah seorang ulama mazhab Syafi’i, mengajarkan lafaz doa bagi orang yang baru pulang umroh, yaitu:

تَقَبَّلَ اللَّهُ عُمْرَتَك ، وَغَفَرَ ذَنْبَك ، وَأَخْلَفَ عَلَيْك نَفَقَتَك

“Taqabbalallahu ‘umrotaka, wa ghafara dzanbaka, wa akhlafa ‘alaika nafaqataka”

Artinya : “Semoga Allah menerima umroh anda, semoga Allah mengampuni dosa anda, dan semoga Allah memberi ganti untuk biaya perjalanan anda”

Baca Juga: Doa Agar Bisa Umroh, Segera Dibaca Agar Dipertemukan dengan Ka’bah !

Ucapan untuk Orang Pulang Umroh

Apabila ada kesulitan atau tidak hafal bacaan doa pulang umroh, seorang Muslim diperbolehkan memberikan ucapan penuh doa dan harapan kepada orang yang pulang umroh, beberapa contohnya seperti :

“Ya Allah, ya Tuhan kami, kami bersyukur atas nikmat yang Engkau berikan kepada saudara-saudara kami yang telah melaksanakan umroh. Kami memohon kepada-Mu agar Engkau menerima umroh mereka, mengampuni dosa-dosa mereka, dan mengangkat derajat mereka. Ya Allah, jadikanlah umroh mereka sebagai umroh yang mabrur, yang tidak ada balasannya kecuali surga”

“Ya Allah, ya Tuhan kami, kami mengucapkan hamdalah atas taufik yang Engkau berikan kepada saudara-saudara kami yang telah menjalankan ibadah umroh. Kami mohon kepada-Mu agar Engkau menjaga iman dan akhlak mereka setelah kembali ke tanah air. Ya Allah, jadikanlah mereka hamba-hamba-Mu yang taat dan bertaqwa”

Itu dia pilihan doa pulang umroh yang bisa diamalkan oleh jamaah serta rekan dan sanak saudara yang datang mengunjunginya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa membantu.