Ewin | Indra | Rini | Hana |
Daftar Haji
Daftar Umrohdisini
Daftar Umroh terpercaya
Daftar ini Isi
Daftar itu Isi
Daftarsegera Umroh
Badal Haji
Daftar Haji
Badal Haji
Uci | Ewin | Riny |
Daftar itu Isi
Daftar Haji
ciri travel umroh bodong

Hindari Modus Penipuan! Kenali Ciri-Ciri Biro Umroh Bodong

 

Meningkatnya animo umat Muslim untuk beribadah umroh diikuti juga dengan semakin banyaknya biro umroh bodong. Bukan hanya merugikan calon jamaah, maraknya biro umroh bodong juga akan sangat berdampak pada biro umroh terpercaya lainnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda yang ingin pergi umroh untuk mengetahui ciri biro umroh bodong agar terhindar dari penipuan. Simak penjelasan dibawah ini!

Ciri-ciri biro umroh bodong

Berikut beberapa ciri-ciri biro umroh bodong yang perlu Anda ketahu i:

  1. Menawarkan harga murah yang tidak wajar

Ciri biro umroh bodong yang pertama ialah memberikan harga yang sangat tidak wajar ( murah ) dibanding biro umroh lain. Hal itu dilakukan sebagai cara untuk menipu calon jamaah agar tergiur dengan harga yang murah, sehingga akan lebih mudah bagi mereka yang menjalankan bisnis bodong tersebut untuk keuntungan pribadi.

  1. Janji yang terlalu muluk

Biro umroh bodong biasanya akan sangat menjanjikan para calon jamaah dengan perkataan yang tidak masuk akal. Mereka akan menjanjikan segala sesuatunya akan berjalan mudah dan cepat. Seperti contohnya, mereka menjanjikan fasilitas hotel bintang lima yang sangat terjamin namun dengan harga yang murah. Hal tersebut patut dicurigai.

  1. Memberikan informasi yang tidak jelas

Biro umroh bodong biasanya tidak akan memberi penjelasan mengenai program umroh secara rinci. Mereka hanya memberikan janji yang  menggiurkan umtuk calon jamaahnya dengan harga yang murah.

  1. Tidak memiliki izin usaha yang jelas

Beda halnya dengan biro umroh resmi yang mendapatkan izin usaha yang jelas, biro umroh bodong tidak mempunyai izin usaha yang jelas. Anda harus teliti untuk mencari tahu tentang hal ini.

  1. Menawarkan bonus

Biro umroh bodong tidak akan segan untuk menawarkan program umroh bonus bagi calon jamaahnya. Misalnya, dengan pembelian satu program umroh akan mendapatkan satu program umroh gratis bila calon jamaah bisa memenuhi syarat yang sudah ditentukan.

Cara Melaporkan Biro Umroh Bodong

Jika Anda menjadi korban dari biro umroh bodong, Anda harus melakukan beberapa hal untuk menyelesaikan penipuan tersebut, diantaranya :

  1. Kumpulkan bukti penipuan

Bukti penipuan akan sangat penting untuk menyelesaikan masalah tersebut. Segeralah mengumpulkan semua bukti-bukti penipuan yang Anda miliki seperti bukti pembayaran, bukti komunikasi dengan biro umroh bodong dan brosur program umroh bodong tersebut.

  1. Melaporkan kejadian ke pihak yang berwajib

Hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah lapor kepada pihak yang berwajib. Anda bisa menunjukkan dan menyerahkan semua bukti yang dimiliki untuk ditindak lanjuti oleh pihak yang berwajib.

  1. Tetap tenang dan sabar

Sikap yang perlu Anda lakukan adalah tenang dan sabar. Menangani kasus penipuan biro umroh bodong membutuhkan waktu dan proses yang panjang.  Jika Anda sudah melaporkan kasus tersebut ke pihak yang berwajib, tetap sabar untuk menunggu kasus tersebut selesai. Yakinlah bahwa kasus tersebut akan segera terselesaikan dan pelakunya bisa mendapatkan hukuman yang setimpal.

Tips memilih biro umroh resmi dan terpercaya

Ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan biro umroh yang terpercaya, beberapa diantaranya :

  1. Mencari informasi

Tips yang pertama, Anda bisa mencari informasi sebanyak mungkin menggunakan media sosial atau mencari informasi secara langsung kepada orang yang sudah berpengalaman. Pastikan biro umroh yang Anda pilih memiliki izin resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia ( Kemenag ).

  1. Kejelasan informasi dan transparansi

Pastikan biro umroh yang Anda tuju memberikan informasi yang lengkap terkait program umroh yang ditawarkan. Jangan tergiur dengan janji yang terlalu muluk dan jangan ragu untuk bertanya terkait hal yang berhubungan dengan rencana perjalanan umroh Anda kepada  biro umroh.

  1. Pastikan fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan masuk akal

Cari informasi untuk membandingkan fasilitas dan layanan yang ditawarkan dari biro umroh lainnya. Serta lakukan riset untuk mendapatkan informasi yang akurat dan terhindar dari penipuan.

Nah, jadi itulah penjelasan terkait ciri biro umroh bodong beserta tips dan cara menghindari biro umroh bodong. Tentunya, Anda perlu mencari informasi dari jauh-jauh hari untuk mendapatkan biro umroh yang terpercaya. Jangan sampai Anda jadi korban penipuan selanjutnya ya!