Ewin | Indra | Rini | Hana |
Daftar Haji
Daftar Umrohdisini
Daftar Umroh terpercaya
Daftar ini Isi
Daftar itu Isi
Daftarsegera Umroh
Badal Haji
Daftar Haji
Badal Haji
Uci | Ewin | Riny |
Daftar itu Isi
Daftar Haji
cara membuat visa umroh mandiri

Cara Mudah Membuat Visa Umroh Mandiri: Panduan Lengkap Pemula!

 

Informasi seputar syarat dan tata cara membuat visa umroh mandiri perlu diketahui, khususnya buat Anda yang berencana berangkat ke Tanah Suci. Untuk membuatnya diperlukan beberapa persyaratan sesuai prosedur yang perlu Anda patuhi sesuai ketentuan. Berikut informasi beserta penjelasan lengkap seputar cara membuat visa umroh mandiri beserta biayanya.

Cara Membuat Visa Umroh Mandiri

Bagaimana membuat visa umroh secara mandiri penting diketahui oleh Anda yang hendak menunaikan perjalanan ibadah ke Tanah Suci. Setidaknya, ada beberapa dokumen persyaratan yang perlu Anda lengkapi sebelum mengetahui cara-caranya. Berikut, beberapa dokumen tersebut :

  • Daftar Dokumen untuk Membuat Visa Umroh Mandiri

Untuk membuat visa umroh mandiri, terdapat beberapa dokumen penting yang perlu Anda penuhi sebagai syarat pengajuan visa umroh, di antaranya :

  1. Paspor menjadi dokumen persyaratan pertama yang perlu Anda penuhi. Adapun aturan untuk paspor tersebut yakni masih dalam masa berlaku paling sedikit 6 bulan terhitung dari tanggal keberangkatan.
  2. Membawa kartu identitas atau KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang masih berlaku.
  3. Kartu keluarga (KK) dan wajib menyertakan buku nikah bagi calon jamaah umroh yang sudah berumah tangga.
  4. Bagi yang membawa anak di bawah usia 17 tahun, wajib menyerahkan akta lahir.
  5. Menyertakan pas foto terbaru dengan ketentuan :
    • Ukuran 4×5 sebanyak 2 lembar
    • Background foto putih
  1. Untuk jamaah yang belum pernah menunaikan ibadah umroh, biasanya diharuskan untuk membawa surat rekomendasi dari Kantor Urusan Agama (KUA) setempat.
  2. Pembuatan visa umroh secara mandiri tanpa agen perjalanan mengharuskan Anda memiliki bukti dari fasilitas yang akan Anda pakai nantinya. Sediakan beberapa bukti seperti tiket asli penerbangan menuju Jeddah, pemesanan hotel begitu juga dengan transportasi.
  3. Dokumen persyaratan lainnya yang tidak kalah penting adalah buku kuning atau sertifikat vaksin meningitis. Sesuai dengan aturan yang berlaku bahwasanya setiap orang yang bepergian ke Arab Saudi harus sudah divaksinasi untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit.
  4. Terakhir, ada bukti pembayaran visa umroh yang juga wajib untuk Anda lampirkan.
  • Tata Cara Membuat Visa Umroh Mandiri

  1. Melakukan Pendaftaran Online

Langkah pertama ialah mendaftarkan akun di sistem visa umroh online (SIVO). Kunjungi situs resmi SIVO di https://visa.mofa.gov.sa/VISASERVICES/SEARCHVISA, dan cari bagian “Visa Umroh” untuk membuat akun baru.

  1. Lengkapi Data Diri dan Permohonan

Untuk membuat akun baru, Anda diminta memasukan data diri beserta mengunggah beberapa dokumen pendukung yang diperlukan ke dalam sistem SIVO.

  1. Melakukan Pembayaran

Selesai menginput data diri dan dokumen persyaratan, selanjutnya adalah melakukan pembayaran sesuai nominal biaya pembuatan visa umroh yang tertera. Proses pembayaran ini bisa Anda lakukan melalui bank yang terdaftar dalam SIVO.

  1. Verifikasi Dokumen

Anda yang telah melakukan pembayaran, selanjutnya akan menunggu hasil pengecekan keaslian dari data diri dan dokumen yang telah diinput.

  1. Hadiri Wawancara

Meskipun kegiatan wawancara visa tidak selalu ada, tetapi ada baiknya Anda tetap mempersiapkan diri. Bawalah semua dokumen yang diperlukan, seperti bukti keuangan, data diri, formulir aplikasi pembuatan visa umroh yang sudah diisi lengkap, dan persyaratan yang diminta lainnya.

  1. Pengambilan Visa

Setelah menyelesaikan seluruh proses pengajuan permohonan visa mandiri, Anda hanya perlu menunggu diterbitkannya visa Anda beserta statusnya. Visa yang statusnya telah disetujui dapat langsung Anda gunakan untuk keberangkatan ke Tanah Suci.

Baca Juga: Komplit! 11 Perlengkapan Umroh Untuk Keluarga Yang Harus Anda Siapkan!

Berapa Biaya Membuat Visa Umroh Mandiri?

Untuk saat ini, biaya pembuatan visa umroh yakni 300 riyal atau setara dengan Rp. 1.300.000an. Besaran biaya tersebut kamu bayarkan setiap kamu mengajukan pembuatan, yang artinya ini bersifat hanya sekali pakai.

Apabila Anda berangkat dengan jasa travel umroh, besaran biaya pembuatan visa tersebut bisa lebih tinggi. Hal ini karena umumnya biro perjalanan umroh menggabungkan biaya pembuatan visa umroh dengan biaya pelayanan-pelayanan lainnya, seperti akomodasi, transportasi, hingga penginapan saat di Tanah Suci.

Keuntungan Membuat Visa Umroh Secara Mandiri

Membuat visa umroh secara mandiri juga memiliki beberapa keuntungan, di antaranya :

  1. Pengeluaran yang Lebih Hemat

Keuntungan pertama yakni biaya yang Anda keluarga dapat lebih hemat. Hal ini karena Anda tidak perlu mengeluarkan tarif tambahan untuk jasa biro perjalanan umroh.

  1. Waktu yang Lebih Fleksibel

Membuat visa umroh secara mandiri memungkinkan Anda memiliki waktu yang lebih fleksibel. Anda dapat menentukan sendiri kapan mengajukan visa umroh beserta waktu keberangkatan ke Tanah Suci tanpa terikat oleh travel umroh tertentu.

  1. Proses Pembuatan Visa Umroh yang Mudah

Pembuatan visa umroh secara mandiri saat ini terbilang sangat mudah. Dalam prosesnya, Anda tidak harus berkunjung langsung ke lokasi pembuatan, namun dapat dilakukan secara online. Informasi lengkap seputar pembuatan visa umroh mulai dari dokumen persyaratan hingga cara pengajuan juga banyak tersedia di internet, sehingga Anda dapat dengan mudah mempelajarinya.

Sekian informasi seputar cara membuat visa umroh secara mandiri, beserta langkah-langkah serta biaya yang dibutuhkan. Dengan memahami dan mengikuti beberapa langkah di atas, Anda dapat meningkatkan peluang pengajuan visa umroh mandiri Anda disetujui.