Ewin | Indra | Rini | Hana |
Daftar Haji
Daftar Umrohdisini
Daftar Umroh terpercaya
Daftar ini Isi
Daftar itu Isi
Daftarsegera Umroh
Badal Haji
Daftar Haji
Badal Haji
Eggy | Ewin | Riny |
Daftar itu Isi
Daftar Haji
berapa lama umroh dilakukann

Berapa Lama Pelaksanaan Ibadah Umroh?

Berapa lama umroh – Ibadah umroh adalah salah satu ibadah yang sangat diimpikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Setiap tahunnya, jutaan orang mempersiapkan diri untuk melaksanakan umroh dengan harapan dapat mendapatkan keberkahan dan pahala yang besar.

Namun, banyak yang masih bertanya-tanya, berapa lama sebenarnya pelaksanaan ibadah umroh tersebut? Artikel ini akan membahas mengenai durasi pelaksanaan ibadah umroh yang dapat memberikan gambaran kepada Anda.

Baca juga: Biaya Umroh Untuk 2 Orang

Pada umumnya para agen penyelenggara umroh menawarkan dengan berbagai paket dengan durasi 9 – 12 hari tergantung fasilitas dan program umroh yang dipilih, adapun ritual pelaksanaan ibadah umroh itu hanya 2 – 3 jam saja dengan melaksanakan tawaf, Sai, & Tahalul.

Penting untuk dipahami bahwa pelaksanaan ibadah umroh memiliki beberapa tahapan yang harus dilalui oleh jamaah.

Tahapan-tahapan tersebut meliputi persiapan sebelum keberangkatan, tiba di Tanah Suci, pelaksanaan umroh, dan kepulangan ke negara asal. Durasi pelaksanaan umroh dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti waktu yang tersedia, keberangkatan dari negara asal.

 

Tahapan-Tahapan Perjalanan Umroh

  1. Persiapan Berangkat

    Dalam durasi pelaksanaan umroh adalah persiapan sebelum keberangkatan. Ini meliputi proses pendaftaran, pembayaran, dan pengurusan dokumen perjalanan.

  2. Perjalanan Menuju Tanah Suci

    Durasi perjalanan ini tergantung pada negara asal dan pilihan maskapai penerbangan. Rata-rata, perjalanan udara dari negara-negara Asia ke Jeddah memakan waktu sekitar 7 hingga 10 jam. Setelah tiba di Jeddah, jamaah akan melanjutkan perjalanan menuju Makkah, tempat ibadah umroh dilaksanakan.

  3. Bermalam di Makkah

    Jamaah akan bermalam di Makkah biasanya berkisar antara 3 hingga 5 hari. Selama masa ini, jamaah akan menjalani ibadah umroh yang meliputi thawaf (berkeliling Ka’bah) dan sa’i (berlari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwah).

    Setelah selesai, jamaah akan melakukan tahallul, yaitu mencukur atau memotong sebagian rambut kepala sebagai tanda akhir dari ibadah umroh. Setelah itu, jamaah dapat kembali ke hotel untuk beristirahat dan melanjutkan ibadah pribadi mereka di Masjidil Haram.

  4. Mengunjungi Tempat Bersejarah

    Memanfaatkan waktu mereka di Makkah untuk melakukan ziarah ke tempat-tempat suci dan bersejarah. Ziarah ini termasuk mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah, tempat pemakaman Rasulullah SAW dan para sahabat, serta tempat-tempat bersejarah lainnya yang terkait dengan peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Islam.

  5. Pulang Kembali ke Indonesia

    Jamaah akan memulai perjalanan pulang ke negara asal. Durasi perjalanan kembali juga tergantung pada negara asal dan pilihan maskapai penerbangan. Rata-rata, perjalanan udara dari Jeddah ke negara-negara Asia memakan waktu yang serupa dengan perjalanan keberangkatan, yaitu sekitar 7 hingga 10 jam.

Keutamaan Ibadah Umroh

  1. Menghapus Dosa-Dosa

    Dengan sebab umroh dosa-dosa yang pernah dilakukan bisa diampuni tentu dengan tuntunan syariat yang ada.

  2. Pahala Sholat Berkali Lipat

    Sholat di Masjidil Haram dilipatgandakan sampai 100.000 kali lipat, sedangkan sholat di Masjid Nabawi pahalanya dilipatgandakan menjadi 1000 kali lipat.

  3. Mendapat Syafaat Nabi

    Dengan kita berziarah ke makam Nabi Muhammad faidahnya diantaranya do’a do’a terkabul, dijanjikan syafaat oleh Nabi nanti di akhirat.

Penting untuk diingat bahwa durasi yang singkat tidak mengurangi keberkahan dan nilai ibadah umroh. Meskipun waktu yang terbatas, ibadah umroh tetap merupakan kesempatan berharga bagi umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, membersihkan diri dari dosa, dan mendapatkan pahala yang besar.

Oleh karena itu, jamaah umroh sebaiknya memanfaatkan setiap momen dalam pelaksanaan umroh dengan penuh kesadaran dan keikhlasan.

Kesimpulannya, durasi pelaksanaan ibadah umroh dapat mencapai sekitar 9 hingga 12 hari. Meskipun waktu yang terbatas, ibadah umroh tetap merupakan kesempatan berharga bagi umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, membersihkan diri dari dosa, dan mendapatkan pahala yang besar.

Dalam menghadapi durasi yang singkat, persiapan yang matang, pemahaman yang baik tentang tata cara pelaksanaan umroh, dan pengaturan waktu yang bijaksana sangatlah penting.

Dengan niat yang ikhlas, kesadaran yang tinggi, dan memanfaatkan setiap momen dengan baik, jamaah umroh dapat mencapai kedekatan dengan Allah SWT dan meraih keberkahan yang melimpah dalam pelaksanaan ibadah umroh mereka.