Hana | Ewin | Rani | Rini |
Daftar Umrah
Daftar Umroh
Daftar Haji
Ibadah Haji

Badal Haji Dengan Biaya Terjangkau
Pelajari Hukum & Persyaratannya Disini

Badal Haji & Hukum Melaksanakannya

Tentang Badal Haji – Ibadah haji merupakan salah satu dari rukun Islam. Ibadah haji ini wajib ditunaikan untuk orang yang sudah mampu. Mampu menunaikan ibadah haji ini harus mampu dalam harta atau biaya mapun mampu menunaikan secara fisik dan mental.

Ibadah haji ini tidak wajib bagi yang belum mampu. Ibadah haji merupakan rukun Islam kelima yang harus ditunaikan bagi yang sudah mampu menunaikannya.

Sebagaimana ibadah lainnya, ibadah haji juga memiliki beberapa kemudahan atau dispensasi bagi yang hendak menunaikannya namun tidak mampu secara fisik. Ibadah haji ini bisa diwakilkan dengan syarat dan ketentuan yang telah datur sesuai dengan syariat Islam.

Ketentuan ini harus dipenuhi agar ibadah ini menjadi ibadah yang sah. Ibadah haji utnuk menggantikan seseorang disebut dengan badal haji. Hukum ibadah ini adalah sah jika memenuhi syarat yang telah diatur dalam syariat.

badal haji 2022 terbaik dan amanah

wa hana umroh
Hukum melakukan badal haji adalah sah jika memenuhi syarat tertentu. Adapun syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.

Syarat Badal Haji

  • Orang yang digantikan harus mampu secara harta namun tidak mampu secara fisik. Orang tersebut dalam keadaan sakit yang tak kunjung sembuh sehingga tidak dimungkinkan untuk berangkat haji sendiri atau orang yang digantikan telah meninggal dunia. Dalam kondisi ini ibadah haji ini sah untuk digantikan.
  • Orang yang menggantikan ibadah haji ini adalah orang yang telah menunaikan ibadah haji sebelumnya. Jadi orang yang belum menunaikan ibadah haji tidak boleh menggantikan seseorang untuk berhaji. Ketentuan ini telah diatur dalam syariat Islam sebagaimana yang disebutkan dalam hadist Nabi.
  • Orang yang menggantikan untuk berhaji boleh pria maupun wanita yang sanggup untuk melaksanakan ibadah haji.
  • Satu orang hanya dapat menggantikan untuk berhaji satu orang. Jadi ibadah ini hanya bisa dilakukan untuk menggantikan satu orang saja. Dalam melaksanakan ibadah ini tidak boleh untuk menggantikan dua orang atau lebih.

Untuk dapat melakukan ibadah badal haji ini seseorang harus memenuhi semua syarat yang telah disebutkan di atas. Jadi jika semua syarat di atas tidak terpenuhi walaupun hanya satu syarat maka ibadah yang dilakukan tidak sah.

Ibadah haji ini memang tidak bisa digampangkan. Kita harus benar-benar mengetahui dan memenuhi semua syarat dan ketentuan yang telah diatur dalam syariat.

Saat ini banyak jasa atau agen travel yang menawarkan paket badal haji ini. Paketnya pun bermacam-macam tergantung dari fasilitas yang dipilih. Biaya dari paket ini pun akan menyesuaikan dengan fasilitas yang diinginkan.

Harga dari paket ini lebih murah dibandingkan dengan biaya untuk haji biasa. Harga dari badal haji ini sedikit lebih ringan daripada kita berhaji untuk diri sendiri. Paket untuk ibadah ini juga berbeda dengan paket ibadah haji biasanya.

Seseorang yang akan menunaikan ibadah badal haji bisa dari seorang kerabat atau keluarga maupun orang luar yang diminta untuk mengantikan seseorang berhaji. Hal ini sah saja hukumnya jika telah memenuhi syarat untuk melakukan ibadah ini.

Jadi kita bisa meminta seseorang untuk melaksanakan ibadah ini ataupun ada yang secara sukarela menunaikan ibadah ini untuk menggantikan seseorang berhaji.

Biaya badal haji ini tergolong murah. Kita bisa melaksanakan ibadah ini dengan biaya kisaran 7 juta sampai dengan 15 juta tergantung dari fasilitas yang disediakan. Harga untuk sekali berangkat dengan fasilitas standar biasanya senilai 11 juta rupiah. Harga ini tentunya lebih murah dari ibadah haji biasa.

Semoga segala niat baik Anda dalam melaksanakan badal haji senantiasa dipermudah dan diterima Allah SWT. Aamiiin.

wa hana umroh