Ewin | Indra | Rini | Hana |
Daftar Haji
Daftar Umrohdisini
Daftar Umroh terpercaya
Daftar ini Isi
Daftar itu Isi
Daftarsegera Umroh
Badal Haji
Daftar Haji
Badal Haji
Uci | Ewin | Riny |
Daftar itu Isi
Daftar Haji
apa itu tahallul

Apa itu Tahallul dalam Ibadah Umroh? Ini Tata Cara dan Doanya!

Tahallul adalah salah satu rukun dalam rangkaian amalan ibadah umroh yang wajib Anda kerjakan. Dengan kata lain, tahallul menjadi penentu keabsahan ibadah umroh Anda yang tidak dapat diganti apabila ditinggalkan. Buat Anda yang akan menunaikan umroh ke Tanah Suci, perlu Anda pahami terlebih dahulu apa itu tahallul berikut dengan tata cara dan doa yang dipanjatkan agar ibadah yang Anda jalankan sah sesuai syariat islam.

Apa itu Tahallul?

Tahallul dalam ibadah umroh mengacu pada keadaan di mana Anda telah terbebas dari perbuatan yang sebelumnya tidak boleh Anda lakukan ketika masih dalam keadaan berihram. Hal ini sejalan dengan pengertiannya secara bahasa, tahallul atau tahallala yatahallalu tahallulan yang artinya menjadi boleh atau halal. Beberapa aktivitas yang termasuk ke dalam larangan ihram seperti mengenakan pakaian berjahit, menggunakan parfum, hingga melakukan hubungan suami istri. Adapun kegiatan yang merupakan rukun umroh terakhir ini berupa menggunting atau mencukur beberapa helai rambut. Itu artinya dengan Anda melakukan tahallul, maka selesai sudah rangkaian ibadah umroh Anda.

Jenis Tahallul dalam Umroh

Berbeda dengan ibadah haji yang memiliki dua macam tahallul, dalam ibadah umroh, hanya ada satu jenis saja, yaitu tahallul umroh. Jenis tahallul umroh ini hanya boleh Anda lakukan setelah menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah umroh seperti thawaf, sa’i, baru kemudian tahallul. Karena tahallul sendiri merupakan rangkaian terakhir atau disebut sebagai penutup dari proses ibadah.

Hukum Tahallul

Hukum melaksanakan tahallul adalah wajib. Hal ini selaras dengan isi dari surah Al-Fath ayat 27 yang berbunyi :

لَقَدْ صَدَقَ اللّٰهُ رَسُوْلَهُ الرُّءْيَا بِالْحَقِّۚ لَتَدْخُلُنَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ اِنْ شَاۤءَ اللّٰهُ اٰمِنِيْنَۙ مُحَلِّقِيْنَ رُءُوْسَكُمْ وَمُقَصِّرِيْنَۙ لَا تَخَافُوْنَۗ فَعَلِمَ مَا لَمْ تَعْلَمُوْا فَجَعَلَ مِنْ دُوْنِ ذٰلِكَ فَتْحًا قَرِيْبًا

Latin : “Laqad shadaqallâhu rasûlahur-ru’yâ bil-ḫaqq, latadkhulunnal-masjidal-ḫarâma in syâ’allâhu âminîna muḫalliqîna ru’ûsakum wa muqashshirîna lâ takhâfûn, fa ‘alima mâ lam ta‘lamû fa ja‘ala min dûni dzâlika fat-ḫang qarîbâ”

Artinya : “Sungguh, Allah benar-benar akan membuktikan kepada Rasul-Nya tentang kebenaran mimpinya dengan sebenar-benarnya, (yaitu) bahwa kamu pasti akan memasuki Masjidilharam, jika Allah menghendaki, dalam keadaan aman, dengan mencukur rambut kepala, dan memendekkannya, sedang kamu tidak merasa takut. Allah mengetahui apa yang tidak kamu ketahui dan sebelum itu Dia telah memberikan kemenangan yang dekat”

Tata Cara Tahallul

Bagi Anda jemaah umroh, penting untuk mengetahui tata cara pelaksanaan tahallul sebelum melakukannya. Tata cara pelaksanaan yang harus Anda tahu saat menunaikannya adalah :

  1. Tata cara melakukan yang pertama adalah menyelesaikan seluruh rangkaian wajib umroh terlebih dahulu. Jika belum, maka Anda tidak diperbolehkan untuk melaksanakan Tahallul.
  2. Tahallul dimulai dengan mencukur atau menggunting beberapa helai rambut. Namun ada sedikit perbedaan antara tata cara menggunting rambut antara wanita dan pria. Berikut penjelasannya :
  • Untuk jemaah pria, dianjurkan baginya mencukur habis semua rambut.
  • Sementara bagi jemaah wanita, tidak dianjurkan mencukur habis rambut. Akan tetapi cukup memotong rambutnya hingga sepanjang ujung jari saja.
  1. Untuk jemaah umroh pria yang memang dari awal tidak mempunyai rambut atau sudah gundul maka tidak perlu melakukan tahallul, artinya syariat memotong rambut yang merupakan salah satu rukun haji dan umrah maka di sini tidak berlaku.

Doa Tahallul

Saat akan menggunting atau mencukur rambut, Anda/para jemaah umroh hendaknya membaca doa tahalll sebagai berikut :

اللَّهُمَّ أَثْبِتْ لي بِكُلِّ شَعْرَةٍ حَسَنَةً، وَامْحُ عَنِّي بِهَا سَيِّئَةً

Latin : “Allahumma atsbit lii bikulli sya’ratin hasanatan, wamhu ‘annii bihaa sayyi-atan”

Artinya: “Ya Allah, tetapkan bagiku dengan setiap helai rambut yang aku cukur satu kebaikan, hapuslah dosa dariku. Dan karenanya, angkatlah untukku satu derajat di sisi-Mu.”

Nah, itulah tadi informasi tentang apa itu tahallul, tata cara, hukum serta doa-doa yang penting dan tidak boleh Anda tinggalkan. Semoga informasi ini bermanfaat dan ibadah umroh Anda dapat berjalan lancar.

Baca Juga: Doa Pulang Umroh Lengkap Dengan Arti, Agar Lebih Berkah